-->

Kunci Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 2 Kelas 6 Halaman 77,78,79,80,81,82,83


Kunci Jawaban dari berbagai soal dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 halaman 77,78. Sebelum melihat kunci jawaban, peserta didik sebaiknya mencoba mengerjakan sendiri, jangan biasakan mencontek atau mencari kunci jawaban di internet.

Kunci jawaban di bawah ini hanya merupakan referensi. Silakan melihat soal dan jawaban di bawah ini


Soal

Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif! (Halaman 77)

Kamu akan dibagi atas 3 kelompok.

1. Kelompok A akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Linggarjati.

2. Kelompok B akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Renville.

3. Kelompok C akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Roem Roijen.

Presentasikan peta pikiran yang telah kamu buat di depan kelas!

Kita akan menjawab berdasarkan kelompok

Kelompok A (Linggarjati)

Apa yang disebut perjajnjian Linggarjati : Perjanjian Linggarjati adalah perjanjian antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat

Mengapa meletus Agresi Militer Belanda I): Van Mook mengingkari perjanjian Linggarjati

Siapa pelaku perjanjian Linggarjati: Delegasi Indonesia dan Belanda

Bagaimana hasil perjanjian Linggarjati : Ada empat hasil perundingan linggarjati yang akhirnya diingkari oleh Belanda

Di mana perjanjian tesebut diselenggarakan: Linggarjati, Jawa Barat

Kapan : 15 November 1946 - 25 Maret 1947


Kelompok B (Perjanjian Renville)

Apa yang disebut perjanjian Renville : Perjanjian antara Indonesia dan Belanda yang dilaksanakan di kapan Renville

Mengapa ada perjanjian Renville: Karena terjadi sengketa wilayah antara Belanda dan Indonesia.

Siapa saja yang terlibat dalam perjanjian Renville: Delegasi Indonesia, Belanda, dan Komisi Tiga Negara ( Belgia, Amerika Serikat, Australia).

Bagaimana pelaksanaan perjanjian Renville: Perjanjian Renville menghasilkan tiga keputusan

Di mana : Kapal Amerika Serikat, Renville

Kapan : 8 Desember 1947 - 17 Januari 1948


Kelompok C (Perjanjian Roem - Roijen)

Apa yang disebut perjanjian Roem - Rojen :Perjanjian antara Indonesia-Belanda yang masing-masing delegasi diketuai oleh Mohammad Roem dan Herman Van Roijen.

Mengapa diselenggarakan : Karena ada beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia sebelum KMB di Den Haag.

Siapa peserta perjanjian: Delegasi Indonesia dipimpin Mohammad Roem dan delegasi Belanda dipimpin Herman Van Roijen

Bagaimana: Perundingan menghasilkan tiga keputusan

Di Mana : Hotel Des Indes, Jakarta

Kapan: 14 April 1949 - 7 Mei 1949


Ayo Mencoba (Halaman 79)

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu dan kelompokmu telah merancang naskah drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan.

Apa makna persatuan dan kesatuan menurut pendapatmu?

Makna persatuan dan kesatuan menurut saya adalah sangat penting untuk mencapai tujuan bagi kehidupan dalam keluarga, masyarakat dan terutama bangsa dan negara.

Apa contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan!

1. Bekerja sama membersihkan rumah atau kegiatan rumah tangga lainnya.

2. Bekerja sama menyelenggarakan kegiatan OSIS di sekolah

3. Bekerja sama membangun jalan di desa.

Apa manfaat dari persatuan dan kesatuan?

1. Memudahkan mencapai tujuan.

2. Menghindari perselisihan

3. Membuat kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi tenang.


Ayo Berlatih (Halaman 80)


Berdasarkan dialog di atas, Lani menggunakan pita sepanjang 0,5 meter, Siti menggunakan pita sepanjang 1/4 meter, dan Dayu menggunakan pita sepanjang 1,2 meter.

Siapa yang menggunakan pita paling panjang? Jelaskan.

Pita Lani : 0,5 m = 1/2 m

Pita Siti = 1/4 m

Dayu : 1,2 m

Jadi, pita paling panjang adalah milik Dayu

Ayo Berlatih (Halaman 82)

Kamu telah mengetahui cara membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal.

Selesaikan soal-soal berikut!

1. Perhatikan kartu bilangan berikut! 

Bandingkan bilangan berikut. Gunakan tanda > atau <.

0,573 <  0,753

0,952 > 0,259

17,952 > 16,052

17,246 <  17,624

2. Perhatikan bilangan pada tabel berikut!

17,235

0,343

7,826

0,433

17,325

7,286

0,6

0,32

Urutkan bilangan pada tabel tersebut dari yang terkecil hingga terbesar:

0,32; 0,343; 0,433; 0,6; 7,286; 7,826; 17,235; 17,325

3. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar hingga terkecil

Kita samakan dulu semua bilangan di atas menjadi desimal:

3/4 = 0,75

0,9

1/8 =0,125

0,6

1 1/8 = 9/8 = 1,125

1,3

Sekarang, mari kita urutkan dari yang terbesar hingga yang terkecil :

1,3; 1 1/8; 0,9; 0,75; 0,6; 0,125

4. Buatlah soal seperti latihan di atas! Minta salah seorang temanmu mengurutkan bilangan tersebut

Urutkan bilangan di bawah dari yang terbesar hingga terkecil

0,1 ; 1/2; 0,375 ; 1/4 ; 0,8 


0 Response to "Kunci Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 2 Kelas 6 Halaman 77,78,79,80,81,82,83"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel